Cara Mengecek Air Tercemar atau Tidak

July 22, 2016

Bagaimana cara mengetahui atau mengecek apakah air yang kita konsumsi tecemar atau tidak?? untuk menjawab pertanyaan tersebut banyak sekali caranya. Dibawah ini adalah uraian-uraian jawaban dari pertanyaan tersebut:
Air yang tercemar dapat dilihat dari beberapa indikasi, yaitu:

  1. bau yang amis atau bau yang tidak seperti layaknya air minum,
  2. rasa yang tidak sesegar air bersih,
  3. warna keruh atau tidak sejernih air sehat,

Tetapi jangan salah,air minum yang jernih pun belum tentu bebas dari tercemar atau terkontaminasi, indikatornya dapat dilihat dari ada atau tidaknya bakteri E.coli didalam air tesebut yang dapat menyebabkan penyakit bagi konsumen. Depot air minum Reverse Osmosis DIAN-RO secara rutin melakukan pengecekan bakteri E.coli pada air hasil produksi. Pengecekan rutin tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang yang datang ke depot DIAN-RO sebulan sekali.

Uraian sederhana diatas adalah cara sederhana untuk mendeteksi apakah air minum yang kita minum termasuk air yang tercemar atau tidak. Cara tersebut dilihat dengan kasat mata atau bisa disebut dengan ciri-ciri fisik. Ciri lainnya air yang tercemar adalah ciri-ciri kimiawinya, seperti adanya kangungan hidrogen sulfida, nitrat-nitrit dan BOD serta COD yang tinggi,sehingga populasi ikan pun menurun karena sulit hidup di air tercemar.Namun pengecekan dengan kriteria ciri-ciri terakhir tersebut hanya bisa dilakukan di laboratorium khusus.

Comments

Got something to say?





Harga Pergalon

Jemput: Rp.9.000

Antar: Rp.10.000

Pesan Antar

Tlp. 0771-20772

HP. 081275815001

DIAN-RO