Pentingnya Menjaga Kualitas Air Minum Isi Ulang

May 3, 2013

Pemeriksaan Laboratorium uji kualitas air adalah hal utama dan penting dalam hal untuk menjamin kesehatan produk air minum isi ulang. Hal ini mengingat bahwa depot air minum isi ulang harus memiliki jaminan kesehatan bagi masyarakat. Karena apabila tidak memenuhi standar kelayakan Hygiene Sanitasi air Minum dapat menyebabkan penyakit diare, Muntaber, Keracunan, dan penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan lainnya. Sehingga dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Pemeriksaan Laboratorium ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/Menkes/SK/VII/2002 tentang Pengawasan Kualitas Air Minum. Parameter yang diuji berkaitan dengan tingkat kesehatan air yaitu Pemeriksaan Bakteriologi ( tidak terdapat kandungan Escherichia coli 0% ), Pemeriksaan Fisik ( bau,jumlah zat terlarut, kekeruhan, salinitas, rasa dan bau ), Pemeriksaan Kimia ( Aluminium, Besi, Khlorida, Mangan, Nitrat, Nitrit, pH, Sulfat ). Selain itu dilakukan juga pemeriksaan kualitas air baku, peralatan yang digunakan, sanitasi tempat, dan kebersihan pekerja. Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas air minum.

Uji kualitas air ini dilakukan setiap 1 bulan sekali, yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan tempat domisili depot tersebut berada. Bagi pengusaha depot air minum isi ulang yang telah melakukan pemeriksaan laboratorium diberikan Surat hasil laboratorium dan bahkan kini untuk beberapa daerah di indonesia sudah ada surat Rekomendasi Layak/laik Hygiene Sanitasi Air Minum pihak Dinas Kesehatan setempat . Bagi depot yang telah memiliki rekomendasi tersebut dilakukan inspeksi sanitasi oleh petugas sanitasi yang ditunjuk

Depot air minum isi ulang DIAN-RO Tanjung Pinang telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Tanjungpinang Kota pada tahun 2013. Berdasarkan Surat Keterangan Kesehatan dan Surat Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Tg Pinang menyatakan bahwa air baku dan air hasil produksi depot air minum isi ulang DIAN-RO Tanjungpinang yang terletak di jalan Anggrek Merah telah lulus uji laik sehat untuk air minum dan berhak untuk mendistribusikan air hasil tersebut untuk disebarkan kepada masyarakat sekitar Tanjung Pinang.

Comments

One Response to “Pentingnya Menjaga Kualitas Air Minum Isi Ulang”

  1. Pentingnya Sertifikat Laik Sehat Depot Air Minum | Air Minum Reverse Osmosis DIAN-RO on May 22nd, 2014 1:52 am

    […] Pentingnya Menjaga Kualitas Air Minum Isi Ulang […]

Got something to say?





Harga Pergalon

Jemput: Rp.9.000

Antar: Rp.10.000

Pesan Antar

Tlp. 0771-20772

HP. 081275815001

DIAN-RO